Kamis, 27 Januari 2011

Nilai Jual Hak Siar LPI Permusim Lebih Tinggi Dari Hak Siar ISL

Walau keberadaanya tidak diakui PSSI, nilai jual hak siar LPI, kompetisi garapan pengusaha Arifin Panigoro, tak menjadi rendah di mata stasiun televisi.

Sebulan sebelum kickoff pihak konsorsium LPI berhasil menggaet stasiun televisi Indosiar sebagai pemegang hak siar. Pihak Indosiar menyebut alasan utama mereka membeli hak siar LPI lebih karena faktor tingginya  antusiasme masyarakat terhadap sepak bola tanah air di Piala AFF 2010.

"Perhatian masyarakat terhadap sepak bola amat besar. Kami tak ingin ketinggalan nyemplung ke dalamnya. Konsep LPI yang mengedepankan kompetisi yang profesional dari sisi pengelolaan menjadi daya tarik tersendiri bagi kami. Dukungan masyarakat yang besar terhadap LPI yang dianggap membawa angin perubahan membuat kami tak ragu-ragu membeli hak siar," kata Kamil Wahyudi, Producer Eksekutif Indosiar.

Nominal kontrak hak siar Indosiar melebihi angka yang diberikan ANTV, yang menayangkan Djarum ISL. "Angka pastinya tak bisa kami sebut, tapi lebih besar dibandingkan hak siar ISL permusimnya," tutur Arya.

Arya hanya memberi ancar-ancar bahwa nilai kontrak Indosiar di atas kisaran RP 15 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan hak siar ISL yang mencapai Rp 10 miliar per musim.

Kontrak Indosiar-LPI hanya berlaku satu musim, sementara ANTV-ISL selama 10 musim (2006-2016). "Kami masih menunggu perkembangan selanjutnya. Jika pada musim perdana LPI sukses, kami akan menyodorkan perpanjangan kontrak," tutur Kamil.

Uang pendapatan hak siar sepenuhnya akan didistribusikan ke klub kontestan LPI pada akhir musim. Besaranya disesuaikan dengan prestasi (peringkat akhir kompetisi). "Angkanya memang belum ideal, tapi kami percaya jika LPI bisa menunjukkan kualitasnya nilai hak siar akan terus bertambah pada musim-musim selanjutnya," ujar Arya.

Indosiar akan menayangkan 68 pertandingan LPI pada Sabtu, Minggu dan  Senin. Untuk siaran langsung perdana mereka akan menyiarkan laga Solo FC vs Persema pada Sabtu, 8 Januari 2011 dan Persebaya vs Peribo pada Minggu, 9 Januari 2011.

Berikut perbandingan Hak Siar LPI dengan ISL:

Hak Siar ISL

   1. Kontrak hak siar dipegang ANTV (2006-2016) dengan angka Rp 10 milaiar per musim.
   2. Untuk musim 2010/11 ANTV menyiarkan 180 laga ISL plus 50 pertandingan tunda.
   3. ANTV menyiapkan program acara pendukung ISL


Hak Siar LPI

   1. Kontrak hak siar dipegang Indosiar, satu musim dengan angka diatas Rp 15 miliar.
   2. Untuk musim 2011 Indosiar menyiarkan 68 laga pada Sabtu, Minggu dan Senin.
   3. Indosiar hanya fokus menyiarkan siaran langsung pertandingan LPI. Aktivitas pendukung lainnya dimasukkan dalam slot acara berita harian


Artikel Asli Berjudul Nilai Jual Hak Siar LPI Permusim Lebih Tinggi Dari Hak Siar ISL ~ Berita Sepak Bola Dunia | Piala Eropa 2012
di http://bolagoalnet.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar